Home Aqidah Saya yang Jamin

Saya yang Jamin

691
0

Bayangkan  Jeff Bozes, atau Elan Mask, atau ketua WHO Tedros, dikeadaan sekarang ini mengatakan kepada anda, “Kamu tenang, kamu saya yang jamin”. Kira-kira bagaimana perasaan anda?

Sepertinya akan sedikit lega, membuang napas tanda plong, dan tidak terlalu khawatir.

Tapi, You have to be A realistic! Jeff Bozes, Elan Mask, Atau Pak Tedros tidak ada yang mengatakan itu kepada anda… namun,

Beruntungnya adalah, yang mengatakan itu untuk kita adalah Allah.

Allah yang Jamin anda.

Jika kita di jamin oleh orang besar, super power, sangat kaya. Tentu ketenangan menyelemuti.

Lalu bagaimana jika yang menjamin kita adalah yang maha kaya? Yang telah mengatakan semua manusia fakir? Tidakkah kita lebih rela? Tidakkah kita lebih senang?

Allah punya nama:

الوكيل – الكفيل

Al Wakil- Al Kafil

Penjamin, penjaga, pelindung

Allah telah berkali-kali menjamin kita, menjamin rezeki kita, keselamatan kita.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (QS. Hud:6)

وَكَأَيِّنْ مِنْ دَابَّةٍ لا تَحْمِلُ رِزْقَهَا اللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ

Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu (QS. Al Ankabut:60)

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.    (QS. Al Isra: 31)

Hasan Al Basri mengatakan,

قال الحسن البصري :قرأت في تسعين موضعا من القرآن أن الله قدر الأرزاق و ضمنها لخلقه

وقرأت في موضع واحد : الشيطان يعدكم الفقر .فشككنا في قول الصادق في تسعين موضعاً و صدقنا قول الكاذب في موضع واحد

Aku membaca alQuran dan mendapatkan dalam 90 tempat, bahwa Allah berjanji akan menjamin rezeki para hambaNya. Dan aku mendapatkan pula dalam Al Quran bahwa setan telah berjanji satu kali, menjanjikan kefakiran.

Namun mengapa kita justru ragu dari perkataan yang paling  jujur di 90 tempat, dan percaya dengan perkataan pembohong padahal hanya satu kali dia mengatakan.

Ini juga yang menjadi problem, kadang ada yang tidak rela dijamin oleh Allah.

Maka, tenanglah

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”.